Kondisi Ideal

kondisiideal

Banyak pertanyaan dari rekan-rekan kerja serta dari berbagai komunitas lainnya kepada saya mengenai bagimana cara untuk memulai bisnis, apa saja persiapan yang harus dibutuhkan serta bagaimana menghadapi resiko yang mungkin muncul di kemudian hari dan berbagai pertanyaan lainnya.

Berapa lama persiapan yang dibutuhkan untuk memulai usaha? Tidak ada rumus baku dan SOP tetap yang bisa dijadikan acuan. Serta tidak ada kondisi ideal yang bisa jadi panduan dalam memulai usaha, yang diperlukan hanya niat serta kemauan untuk bekerja keras. Satu hal yang perlu diingat, bahwa kita tidak akan pernah bisa mencapai kondisi ideal karena sesuai kodratnya manusia itu tidak ada yang sempurna dan sudah jadi sifat manusia untuk tidak pernah merasa cukup. Dan pada akhirnya tidak ada satu pun usaha yang bisa kita jalankan kalau kita menunggu kondisi yang ideal.

Persiapan yang ideal itu seperti apa …???

Seorang teman pernah mengatakan bahwa dia punya ide untuk membuka suatu usaha dan prospek kedepannya sangat bagus serta menjanjikan. Tetapi untuk memulai usaha tersebut dia harus memiliki modal dulu sekitar 100 juta, mencari karyawan yang jujur dan berdedikasi tinggi serta harus mendapatkan lokasi usaha yang strategis. dan masih banyak lagi syarat yang harus dipenuhi sebelum memulai usaha tersebut.

Selain itu teman tersebut ingin belajar dulu tentang seluk beluk bisnis, mengikuti seminar tentang kewirausahaan dan mencari mentor yang berpengalaman supaya bisa meminimalkan resiko yang mungkin nanti terjadi.

Kalau kita berpikiran seperti cerita di atas tersebut, maka percayalah akan sulit untuk memulai usaha kalau kita menginginkan kondisi seperti yang diinginkan itu. Kalaupun akhirnya menjalan usaha tapi akan butuh waktu yang sangat lama dan kita akan banyak kehilangan kesempatan-kesempatan yang bagus.

Pada awal menjalankan usaha akan sulit kalau harus dimulai dengan modal besar, kecuali kalau kita memang orang kaya yang sudah mempunyai tabungan atau kekayaan yang berlimpah. Tetapi kalau hanya orang biasa dan apalagi karyawan yang ingin memulai bisnis, akan sangat sulit kalau harus modal besar.

Saat ini yang penting adanya kemauan dan kerja keras untuk membuka usaha, mulailah melangkah walaupun hanya selangkah. Karena perjalanan panjang ribuan kilometer, awalnya juga dimulai dengan langkah pertama. Sebagus dan sebanyak apapun ilmu serta pengetahuan bisnis yang kita miliki kalau tidak dipraktekkan maka akan jadi percuma. Knowledge is just knowledge if we never apply it.

Jangan tunda lagi kalau Anda punya keinginan untuk memulai usaha, banyak peluang usaha sekarang ini yang bisa dijalankan tanpa harus modal besar. Apalagi bagi Anda yang saat ini masih berprofesi sebagai karyawan, daripada menghabiskan energi untuk menghujat dan meratapi perusahaan yang Anda bilang kurang memperhatikan kesejahteraan Anda maka lebih baik energi tersebut Anda gunakan untuk memcari peluang usaha yang bisa meningkatkan kesejahteraan Anda dan keluarga.

Gagal dan resiko adalah bumbu penyedap untuk mencapai kesuksesan …:)

Siap untuk memulai usaha atau masih menunggu kondisi yang ideal …???

Mau provokasi lebih lanjut …? Follow saya di twitter : @CandraDenni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s