Kiat Mendidik Anak Agar Sukses

anaksukses

Sebuah artikel yang menarik yang saya baca ketika browsing yaitu tentang cara terbaik dalam mengasuh dan mendidik Anak. Berikut saya tuliskan kembali untuk sekedar berbagi dan sharing pengalaman dengan Anda semua, semoga bermanfaat untuk menambah ilmu tentang “PARENTING”

Apa penyebab berbagai tindakan kriminal, tragedi atau perang yang menyebabkan penderitaan umat manusia di seluruh dunia sampai saat ini? Kenapa itu bisa terjadi? Kita akan menemukan salah satu alasan penting sebagai penyebab dari semua ini adalah “SALAH ASUHAN” dalam mendidik anak-anak kita, sebagai contoh :

  • Anak yang sering mendapat hukuman berat dan penghinaan akan menjadi penghasut dan penjahat yang paling ditakuti
  • Anak yang tidak cukup menerima cinta dan kasih sayang akan menjadi egois dan tidak peduli dengan perasaan orang lain
  • Anak yang tidak pernah mendapat pujian untuk perbuatan baik yang mereka lakukan tetapi selalu menerima kecaman dan makian untuk kesalahan mereka akan tumbuh dengan rasa minder dan tidak percaya diri serta selalu berusaha untuk membuat masalah untk mencari perhatian.

Kita bisa menemukan contoh untuk kasus-kasus di atas dengan menyaksikannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam kehidupan orang-orang yang tidak bahagia di sekitar kita.

Sekarang coba kita lihat berbagai hal yang baik, penemuan ilmiah, dan berbagai kemajuan yang telah kita rasakan sampai saat ini. Tanya lagi, “Apa salah satu faktor penting yang mendorong dan bekerja di belakang itu semua?” Jawabannya adalah “Positif Parenting”.

Kalau Anda ingin membuktikan, silahkan lihat dan cermati kehidupan teman-teman Anda yang bahagia dan kehidupan orang-orang sukses. Kita akan menemukan bahwa sebagian besar dari mereka mempunyai pengalaman yang menyenangkan dan suasana yang positif dengan orangtuanya, paling tidak dengan salah satu dari mereka. Entah itu Ayah atau Ibunya.

Tetapi jangan khawatir, jika Anda atau sebagian besar kita saat ini mempunyai masalah dalam mengasuh anak-anak kita. Karena itu bukan murni kesalahan Anda sendiri tetapi merupakan kesalahan sistem yang telah terbangun secara turun temurun selama ini.

Hal-hal yang penting dan kita butuhkan untuk mencapai kehidupan yang sukses dan bahagia biasanya tidak pernah diajarkan dan didapatkan dalam pendidikan formal.

Kesalahan Terbesar Dalam Sistem Pendidikan …???

Berikut ini beberapa hal penting yang seharusnya diajarkan di sekolah-sekolah, tidak hanya sekedar pendidikan formal belaka :

  • Bagaimana mendidik anak-anak agar berperilaku seperti malaikat dan bekerja dengan genius
  • Bagaimana belajar menjadi yang terbaik dan tercepat
  • Bagaimana mendapatkan pekerjaan sesuai dengan impian dan sukses menjalaninya
  • Bagaimana menemukan pasangan hidup yang tepat dan menjalaninya dengan bahagia sampai akhir hayat
  • Bagaimana menyelaraskan kehidupan yang harmonis dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Pada umunya selama ini kita menjalani hal tersebut diatas melalui cara trial dan error. Dan kebanyakan berakhir dengan banyak kesalahan, kegagalan, drop out, bunuh diri, kecanduan obat terlarang, masalah rumah tangga, perceraian, persaingan tidak sehat, kejahatan, pembunuhan dan berbagai masalah lainnya.

Smile Please 🙂

Karena mulai sekarang kita bisa melindungi anak-anak kita dari berbagai pengalaman yang menyedihkan di atas. Kita bisa membuat mereka menjadi manusia yang mempunyai rasa percaya diri, siswa yang baik dan berprestasi serta mempunyai kekuatan dalam menghadapi kegagalan.

Berikut ini kita akan membahas beberapa hal yang memudahkan Anda dalam menjalani salah satu tugas penting dalam hidup ini yaitu “Mendidik Anak”. Menawarkan berbagai saran, ide dan metode dari berbagai pakar dan sumber terpercaya yang akan menuntun Anda menjadi Orangtua Yang Baik dan Sukses dalam mendidik anak.

Tetapi mimpi tersebut akan tetap menjadi mimpi dan tidak akan pernah menjadi nyata kalau kita tidak pernah mau berbuat dan mengambil tindakan yang tepat. Paling tidak bisa dimulai dengan menjalankan dua aturan positif berikut ini :

 1. Cintai Anak Anda Tanpa Syarat

Cintai anak-anak Anda tanpa syarat apapun, biarkan mereka tetap hanya menjadi anak Anda. Bukan untuk taat, bukan untuk mendapatkan nilai yang bagus dan bukan juga untuk menjadi lebih baik, tapi cukup hanya menjadi anak-anak dengan dunianya sendiri.

 2. Jangan ragu untuk menunjukan cinta dan kasih sayang Anda

Peluk anak Anda sesering mungkin, terutama mereka yang masih usia belia. Selalu ada setiap saat mereka membutuhkan. Datang dan penuhi panggilan/undangan ke sekolah atau tempat kuliahnya. Berikan perhatian, lihat dan dengarkan ketika mereka berbicara. Hargai dan berikan pujian untuk setiap prestasi yang mereka raih, tak peduli itu besar atau kecil. Sesekali tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk pergi rekreasi atau berlibur bersama keluarga untuk lebih merekatkan keakraban.

Lakukan kegiatan bersama seperti membuat kerajinan tangan atau berbagi tugas pekerjaan rumah diantaranya membersihkan atau merapikan rumah dan pekarangan dsb. Dorong dan biarkan mereka melakukan sesuatu yang disenanginya dan pajang hasil pekerjaan tangan mereka di ruang keluarga atau di kamar. Sesekali pamerkan dengan bangga hasil pekerjaan mereka tersbut kepada orang lain (terutama ketika anak-anak ada disekitar Anda)

Jika dua hal tersebut rutin Anda lakukan, maka 70% masalah dalam mendidik dan mengasuh Anak sudah terpecahkan bahkan sebelum masalah tersebut tercipta.

Sudah siap untuk men-SUKSES-kan anak Anda …???

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter : @CandraDenni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s