Bertumbuh Atau Membusuk

sumber gambar : ricky-nurdiansyah.blogspot.com
sumber gambar : ricky-nurdiansyah.blogspot.com

Seorang Filsuf ternama bernama Heraklitos pernah berkata bahwa segala sesuatu di dunia ini mengalami perubahan termasuk diri manusia. Kita yang dulu waktu dilahirkan panjangnya sekitar 50 cm sekarang ini menjadi manusia dewasa dengan tinggi sekitar 165 cm (ukuran normal orang Indonesia). Begitu juga dengan fisik kita, kulit yang dulunya kencang dan mulus sekarang ini mulai agak kendur bahkan sudah ada yang mulai keriput dan sedikit kasar. Secara fisik memang bisa dilihat kalau kita mengalami perubahan, tetapi bagaimana dengan perubahan secara mental …???

Berdasarkan contoh diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa perubahan dalam kehidupan ini secara garis besarnya dapat dibedakan menjadi 2 kemungkinan, yaitu berubah menjadi sesuatu yang positif atau BERTUMBUH dan berubah menjadi sesuatu yang negatif atau MEMBUSUK. Hanya itu pilihannya, tidak ada lagi pilihan lain selain yang 2 pilihan diatas.

Pilihan itu tergantung dari pribadi kita masing-masing, apakah kita mau berubah menjadi pribadi yang BERTUMBUH atau sebaliknya menjadi pribadi yang MEMBUSUK? Bagi setiap pribadi kalau ditanya pasti jawabannya adalah BERTUMBUH, tetapi sudahkah kita melakukan sesuatu yang membuat diri kita ini bertumbuh …???

Kalau kita ingin menjadi pribadi yang bertumbuh, tentu ada konsekuensi yang harus kita jalani. Konsekuensinya kita harus selalu belajar dan membekali diri dengan pengetahuan yang update dan bermanfaat. Mother Teresa pernah mengatakan bahwa diri kita ini ibarat lampu minyak yang hidup dan menyala terus menerus, sehingga lama kelamaan minyak lampu tersebut akan habis dan nyalanya akan semakin redup lalu akhirnya padam. Begitu juga dalam kehidupan ini, kalau kita tidak membekali dan mengisi diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang terbaru setiap harinya, maka lama kelamaan hidup kita juga akan meredup dan digilas oleh perubahan zaman.

Sekarang pilihannya tergantung kepada pribadi kita masing-masing. Kalau ingin  menjadi pribadi yang BERTUMBUH maka konsekuensinya adalah kita harus terus belajar, tetapi kalau ingin menjadi pribadi yang MEMBUSUK maka silahkan untuk berdiam diri dan puas dengan keadaan yang sudah ada saat ini.

Silahkan Anda tentukan pilihan sendiri … !!!

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter : @CandraDenni

Sumber tulisan : andreashartono.com

2 thoughts on “Bertumbuh Atau Membusuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s