Mengubah Kebetulan Menjadi Kesempatan

Setiap hembusan nafas, setiap jejakan langkah serta setiap detakan jantung yang terjadi baik itu dalam diri kita pribadi maupun melibatkan lingkungan sekitar itu semua adalah sebuah rangkaian peristiwa. Apapun kejadiannya, apakah itu sesuatu yang penting atau sesuatu yang menurut kita hanya remeh temeh tetapi itu semua telah tercatat sebagai bagian dari rangkaian kehidupan yang kita lalui sebagai manusia. Setiap peristiwa yang terjadi tersebut ada karena merupakan sebuah pilihan atau rangkaian dari keputusan yang kita buat.

Diluar dari pilihan atau keputusan yang kita buat tersebut seringkali terjadi hal-hal yang diluar perkiraan atau dugaan kita. Hal-hal yang terjadi diluar perkiraan itulah yang biasanya kita sebut sebagai sebuah kebetulan atau kesempatan.

Tetapi dari dua kata tersebut yaitu kebetulan atau kesempatan, saya pribadi lebih suka menyebutnya sebagai kesempatan. Karena secara pribadi saya akui tidak ada yang merupakan murni sebuah kebetulan dalam kehidupan ini, karena semuanya pasti sudah ada dalam suratan dan takdir Illahi. Sehingga apapun yang terjadi yang terjadi diluar perkiraan kita itu lebih dari sekedar sebuah kebetulan belaka.

Semua kejadian, baik itu yang menyenangkan ataupun tidak bagi saya itu adalah sebuah kesempatan. Mungkin Anda pernah mengalami bertemu dengan tokoh atau artis idola ketika Anda jalan-jalan di mall atau di ruang tunggu bandara …??? Walaupun hal tersebut terjadi tanpa Anda duga dan tanpa ada unsur kesengajaan, tetapi tetap itu adalah sebuah kesempatan. Entah itu kesempatan untuk berkenalan dan memperluas network Anda atau hanya sekadar kesempatan untuk berfoto ria.

Begitu juga ketika dalam perjalanan dengan bus atau pesawat udara Anda mendapatkan teman duduk yang kurang menyenangkan, itu tetaplah sebuah kesempatan. Kesempatan untuk lebih belajar bersabar serta mengenal berbagai karakter dan tingkah laku manusia.

Mungkin selama ini ada begitu banyak kejadian-kejadian yang berlalu dalam kehidupan ini kita anggap hanya sebagai sebuah kebetulan belaka. Padahal kalau kita jeli melihat dan memanfaatkan hal tersebut, mungkin saja itu bisa sebagai sebuah kesempatan besar yang berisi pelajaran dan materi yang dapat kita gunakan untuk menguprade diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk mengubah kebetulan menjadi sebuah kesempatan hanya membutuhkan kejelian untuk membuat keputusan yang tepat dan cepat. Jika kita hanya menganggap segala sesuatu hanya sebagai sebuah kebetulan maka akan sulit bagi kita untuk menangkap kesempatan baik yang datang menghampiri.

Kebetulan itu adalah sebuah kesempatan, tergantung kita sendiri mau menjadikannya sebagai sebuah kesempatan atau bukan …!!!

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter : @CandraDenni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s