Pengawasan Allah

dennicandra.com, Bagi Anda yang tinggal di komplek perumahan pastinya sudah terbiasa dengan adanya satpam yang menjaga keamanan lingkungan komplek dan perumahan, begitu juga bagi Anda yang tinggal di kampung atau desa pastinya mengenal siskamling atau ronda malam. Walaupun cara dan sistemnya berbeda tetapi tujuannya sama yaitu untuk mengawasi dan menjaga keamanan lingkungan dari pencurian atau tindak kriminal lainnya. Tetapi walaupun sudah ada satpam, hansip ataupun petugas ronda, masih juga ada pencuri yang beraksi di lingkungan tersebut. Hal ini bisa saja terjadi karena para petugas keamanan tersebut lengah bahkan ketiduran, sehingga para pencuri tersebut bisa melakukan aksinya. Petugas keamanan juga manusia … 🙂

Bagaimana dengan kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, siapa yang mengawasi kita …??? Tentu saja yang mengawasi kita sebagai makhluk adalah Allah SWT sebagai sang khalik, yang senantiasa 24 jam selalu mengawasi kita tanpa pernah lelah dan tanpa ada kelengahan walaupun cuma sedetik.

Ada 3 cara yang dilakukan Allah dalam mengawasi kita sebagai makhluknya :

  1. Allah SWT mengawasi kita secara langsung, tanpa ada perantara. Dimana pun lokasi dan tempat kita berada serta apapun aktivitas yang kita lakukan selalu dalam pantauan Allah SWT. Kalau kita sedang bertiga maka Dia yang keempat, akalu kita berlima maka Dia yang keenam. Bahkan dalam firmanNya pun dijelaskan bahwa Allah SWT senantiasa dekat dengan kita, bahkan lebih dekat daripada urat leher kita sendiri (QS Qaaf : 16)
  2. Allah SWT mengawasi kita melalui malaikatnya, yaitu malaikat Rakib dan Atid yang bertugas mencatat semua amal perbuatan kita dan selalu berada disamping kita kapan pun dan dimana pun kita berada. Semua perbuatan kita yang baik maupun yang buruk, yang besar maupun yang kecil. Tidak ada yang terlewatkan, semuanya dicatat dalam buku amal kita.
  3. Allah SWT melakukan pengawasan melalui diri kita sendiri. Sesuai janji Allah SWT dalam kitab sucinya QS Yasin : 65 bahwa ketika kita meninggal nantinya maka seluruh anggota tubuh akan bersaksi mengenai amal perbuatan yang kita kerjakan selama di dunia. Kita tidak mempunyai kontrol dan tidak bisa membantah kesaksian anggota tubuh tersebut, karena kesaksiannya adalah kesaksian yang benar.

Jadi tidak bisa dipungkiri bahwa setiap aktivitas kita diatas dunia ini tidak bisa terlepas dari pengawasan Allah SWT. Tidak ada waktu buat mengingkari dan tidak ada kesempatan untuk lepas dari pantauanNya. Yakinlah bahwa sekecil apapun perbuatan yang kita lakukan akan diminta pertanggungjawabannya di Hari Perhitungan kelak.

Salam CintaBahagia

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter @CandraDenni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s