Tanggung Jawab Lelaki

dennicandra.com, Saya salah satu orang yang tidak percaya dengan sebuah kebetulan, karena menurut saya pribadi segala sesuatu itu telah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Ketika suatu kejadian terjadi disekitar kita maka keputusan ada di tangan kita sendiri untuk menilai dan menentukan, apakah kejadian tersebut akan kita nilai sebagai sebuah kesempatan, anugerah atau hanya sebagai sebuah kebetulan belaka.

Begitu juga ketika tadi malam sebelum tidur saya menerima sebuah broadcast message dari seorang teman, bisa jadi teman tersebut mengirimkan pesan tersebut hanya sekedar meneruskan dari si pengirim sebelumnya dan tidak ada maksud apa-apa. Tetapi bagi saya pribadi itu bukan sebuah kebetulan, pesan tersebut saya anggap sebagai sebuah renungan untuk saya pribadi apalagi bertepatan dengan hari ulang tahun saya … 🙂

Dalam pesan tersebut dikatakan bahwa di akhirat kelak ada 3 kriteria lelaki yang akan di tarik ke neraka berkaitan dengan perannya dalam keluarga, yaitu :

  1. Ayah yang tidak memperdulikan anak-anak perempuannya di dunia. Tidak membekali anaknya dengan ilmu agama seperti sholat, membaca Al Qur’an dan lain sebagainya. Selain itu juga membiarkan anak-anak perempuannya yang sudah akil baligh tidak menutup aurat, terlibat dalam pergaulan bebas apalagi sampai tidak mengenal nilai-nilai agama. Tidak cukup sebagai ayah hanya memenuhi kebutuhan duniawi dan materi saja.
  2. Suami yang tidak bisa menjadi imam yang baik bagi istrinya, tidak mengajarkan akhlak yang baik, membiarkan istrinya bergaul bebas dengan yang bukan mahramnya, menampakkan perhiasan yang berlebihan kalau keluar rumah, meninggalkan kewajiban agama seperti sholat, puasa dan lain sebagainya.
  3. Anak laki-laki yang mengabaikan dan tidak bisa menjaga serta memberikan nasihat tentang islam terhadap keluarganya khususnya kepada ibu dan saudara perempuannya. Terlebih lagi anak laki-laki tertua yang bertindak sebagai wali (apabila ayahnya telah tiada), tanggungjawab menjaga kehormatan ibu dan saudara perempuannya jatuh kepadanya. Apabila mereka hanya mementingkan anak dan istrinya saja serta mengabaikan ibu dan saudara perempuannya maka mereka akan ditarik ke neraka di akhirat kelak.

Jadi bagi kita lelaki yang bergelar dan mempunyai peran sebagai ayah, suami serta saudara/anak harus bisa menempatkan diri dalam perannya masing-masing untuk menjaga dan menyelamatkan keluarga sebagaimana firman Allah SWT :

“Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkanNya … (QS. At-Tahrim : 6)”

Sudahkah Anda menjalankan peran tersebut dengan benar …???

Salam CintaBahagia

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter @CandraDenni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s