Perubahan Dan Persahabatan

dennicandra.com, Ketika kita melakukan suatu perubahan, terlebih lagi kalau perubahan itu merupakan sesuatu yang bergerak menuju kebaikan maka sedikit banyaknya pasti ada orang disekitar kita yang memberikan komentar. Entah itu komentar yang mendukung atau komentar yang berisikan kritik serta rasa tidak senang. Itu merupakan sesuatu hal yang lumrah dan bisa terjadi di mana saja dan kepada siapapun.

Pengalaman saya pribadi yang terjadi di lingkungan pekerjaan kantor, ketika kami melakukan sedikit perubahan dan renovasi pada rumah dinas perusahaan yang ditempati para karyawan maka berbagai komentar langsung bermunculan. Ada yang mendukung dan memberikan apresiasi atas perubahan tersebut, tetapi tidak sedikit pula yang memberikan komentar miring dan kritikan pedas atas perubahan tersebut. Dan biasanya yang memberikan reaksi negatif atas tindak perubahan tersebut adalah orang-orang yang merasa “zona nyaman” mereka terganggu dengan perubahan tersebut.

Begitu juga halnya ketika kita sebagai pribadi ingin berubah ke arah yang lebih baik, entah itu dalam hal mengamalkan ajaran agama maupun dari aspek pengembangan diri lainnya. Pasti ada teman yang merasa tidak nyaman dengan perubahan yang kita lakukan, ada saja sahabat yang menganggap kita aneh dan risih dengan kebenaran yang kita sampaikan.

Tetapi jangan khawatir, selama perubahan yang kita lakukan semata-mata hanya untuk menggapai ridho Illahi dan sesuai dengan ajaran agama yang kita yakini maka percayalah Allah sudah menyiapkan balasan yang lebih baik untuk kita.

Jika karena perkataan yang benar kita dijauhi teman, atau karena perbuatan baik kita ditinggalkan sahabat maka teruslah melangkah dan tetap bersyukur kepada Illahi. Ketika cahaya hidayah mulai menyinari hidup maka terkadang beberapa sahabat dekat akan mulai membuat jarak dengan kita, entah karena risih dengan kebenaran yang kita sampaikan atau mungkin merasa “berbeda” dengan diri kita yang sekarang.

Tidak usah ragu dan bimbang, selama kita melakukan perubahan dengan benar dan menyampaikannya dengan cara yang baik. Justru ketika ada sahabat yang menjauh, teman yang menghilang dan rekan-rekan yang tidak suka dengan hal tersebut, berarti “saringan” kita sedang bekerja. Allah sedang memilihkan dan memperlihatkan kepada kita mana teman yang layak dipertahankan dan mana sahabat sejati yang selalu siap mendukung kita ketika berbuat baik dan siap menegur serta mengingatkan ketika kita lalai.

“Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah SWT, kecuali Allah akan menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik bagimu” (HR Ahmad)

Siap untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik …???

Salam CintaBahagia

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter @CandraDenni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s