Memaknai Hidup

dennicandra.com, Akhir pekan kemarin saya mendapatkan kesempatan istimewa untuk ikut dalam kegiatan serta belajar langsung bersama Ust. Hendi Kurnia, seorang da’i muda yang sangat menginspirasi serta selalu bersemangat dalam berbagi ilmu dengan siapa saja. Awalnya saya berniat hanya sekedar silaturrahmi dan bertemu dengan beliau, tetapi berhubung beliau ada kegiatan memberikan dakwah dan motivasi untuk para perwira serta santri rumah tahfidz yang dikelola oleh Polda Bangka Belitung maka saya sekalian diajak ikut serta.

Saya akan sharing disini sedikit tentang dakwah dan motivasi yang disampaikan oleh Ust. Hendi Kurnia dalam acara yang saya ikuti kemarin. Dalam materi yang disampaikan, peserta diajak untuk lebih memaknai hidup. Jangan sampai kita di dunia ini hanya sekedar menumpang hidup dan tidak tahu apa tugas kita serta mau kemana kita setelah meninggalkan dunia.

Untuk bisa memaknai hidup maka ada 3 (tiga) hal yang harus kita ketahui atau pahami terlebih dahulu, yaitu :

1. Dari mana asal kita … ?

Mungkin ada yang menjawab pertanyaan tersebut dengan asal kota kelahiran, asal daerah atau suku dan lain sebagainya. Tetapi jawaban yang tepatnya adalah bahwa kita manusia ini pada awalnya berasal dari setetes air (sperma), bahkan ada sebagian orang yang jijik dengan air tersebut. Jadi karena asal kita dari air yang hina tersebut, rasanya tidak pantas kita untuk sombong dan membanggakan diri. Selain itu setiap harinya kita selalu membawa kotoran dan sampah yang ada dalam perut kita, kenapa dikatakan sampah? Karena apapun yang keluar dari perut kita tersebut semua pasti berbentuk kotoran dan tidak ada orang yang menyukainya.

Tidak ada yang perlu kita sombongkan di dunia ini, entah itu jabatan yang tinggi, harta yang berlimpah, istri dan anak yang cantik dan rupawan atau karena ilmu dan gelar yang mentereng. Karena di hadapan Allah SWT yang paling mulia adalah orang yang paling beriman dan bertaqwa kepadaNya.

2. Dimana kita sekarang … ?

Ada yang memberikan jawaban di mesjid, di kantor, ditempat pelatihan dan berbagai jawaban lainnya. Namun yang tepatnya adalah kita sekarang ini berada di dunia. Kalau kita sudah tahu tempat kita saat ini adalah dunia, maka apa tugas kita sebagai manusia di dunia ini? Allah SWT dalam firmannya dijelaskan bahwa Allah SWT menciptakan jin dan manusia di dunia ini adalah untuk mengabdi kepadaNya.

Bagaimana cara mengabdi kepada Allah? Caranya dengan mengerjakan apa yang diperintahkanNya dan menjauhi apa yang dilarangNya. Salah satunya yang terpenting yaitu mengerjakan shalat lima waktu, karena shalat adalah tiang agama. Amal yang paling pertama dihisab nantinya adalah shalat, kalau shalat kita baik maka baiklah seluruh amal perbuatan kita dan begitu juga sebaliknya.

Mari kita disiplinkan diri kita dan jaga komitmen kita pribadi untuk selalu mengerjakan amalan shalat, dan selain diri sendiri kita juga harus menjaga serta mengajak keluarga kita supaya tidak lalai dengan shalat. Kita sebagai orang tua malu kalau anak kita tidak lulus ujian di sekolah, kita malu kalau anak kita tidak bisa baca tulis, kita malu kalau anak kita mencuri tapi apakah kita malu kalau anak-anak kita tidak shalat …???

3. Mau kemana kita …?

Mungkin ada yang menjawab mau ke Jakarta, mau liburan, mau pergi jalan-jalan dan sebagainya. Namun jawaban yang paling tepat adalah kita semua nantinya akan kembali menghadap Allah SWT. Untuk kembali menghadap Allah SWT apa yang sudah kita persiapkan selama di dunia ini … ???

Untuk pulang mudik lebaran yang hanya memakan waktu paling lama satu minggu, kita mempersiapkan dengan seksama dan mengalokasikan duit jutaan rupiah. Untuk melaksanakan ibadah umrah selama 1-2 minggu kita harus menyiapkan dana 15-20 juta dan untuk melaksanakan ibadah haji yang hanya selama 40 hari kita menyiapkan biaya sekitar 30-40 juta rupiah.

Namun untuk kembali menghadap Allah SWT dan menjalani kehidupan yang panjang serta abadi di akhirat kelak, apa persiapan dan bekal yang sudah kita persiapkan …??? Apakah sudah cukup amalan yang kita kerjakan …???

Sudahkan Anda mengetahui apa makna hidup di dunia ini …??? Mudah-mudahan 3 hal yang disampaikan tersebut bisa menjadi renungan bagi kita semua untuk mengintrospeksi diri dan lebih memahami arti kehidupan di dunia ini.

Salam CintaBahagia

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter @CandraDenni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s