Menikmati Proses

dennicandra.com, Kita semua pasti mengetahui dan menyukai yang namanya berlian dan saya yakin semua orang pasti mengagumi serta berhasrat untuk memiliki logam mulia yang indah berkilauan ini. Berlian yang berkilauan indah ini tidak perlu melakukan “kampanye” atau melakukan berbagai promosi lainnya untuk meyakinkan pihak lain bahwa dirinya berharga mahal. Semua orang sudah mengetahui akan hal tersebut dan mereka bisa menaksir berapa mahalnya harga berlian.

Tetapi pernahkah kita berpikir dan mencoba untuk mencari tahu bagaimana proses yang dilewati oleh berlian tersebut sehingga pada akhirnya bisa sampai berkilau dengan indah dan berharga mahal ? Atau mungkin kita berpikiran bahwa memang sudah begitulah asalnya, bahwa berlian tersebut dari awalnya sudah langsung jadi tanpa melalu proses apapun.

Berlian terbentuk dari bahan dasar karbon yang mengalami tekanan kuat dalam perut bumi yang disertai dengan pemanasan yang mencapai suhu sekitar 1200 derajat celcius. Perpaduan dari tekanan yang sangat kuat, suhu panas yang sangat tinggi serta proses yang berlangsung jutaan tahun sehingga pada akhirnya menghasilkan sebuah kristal yang sangat keras dan padat.

Tetapi hal itu belum cukup, masih ada tahapan yang harus dilalui, agar bisa berkilau dengan indah maka kristal tersebut harus melalui proses pengasahan dan pemotongan. Proses tersebut juga harus dilakukan oleh seorang ahli yang terampil dan mengerti mengenai seluk beluk tentang logam mulia. Dan terakhir kristal tersebut dipoles sedemikian rupa untuk menghasilkan kilauan yang indah.

Prinsip yang sama juga berlaku dalam kehidupan ini, tidak ada sesuatu yang terjadi secara instan dan cepat kecuali mie instan … hehehe 🙂

Semua harus melalui suatu proses yang panjang dan berliku apalagi untuk mencapai kehidupan yang berkualitas, berlimpahan kesuksesan serta penuh kebahagiaan. Kita harus sabar dalam menjalani dan melewati berbagai tekanan yang menguras energi serta panasnya hati dan meledak-ledaknya emosi karena berbagai halangan dan rintangan yang membentang di hadapan kita. Disamping itu kita juga harus merelakan dan bersedia membuang berbagai hal-hal negatif yang ada dalam diri kita dan setelah itu kita juga harus mau untuk memoles diri dengan terus belajar dan siap menerima ilmu guna mengingkatkatkan kualitas diri.

Jika kita mau dan bersedia menjalani semua proses tersebut, maka Insya Allah kita tidak hanya memiliki kehidupan yang indah tetapi juha berkilau layaknya berlian.

Salam CintaBahagia

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter @CandraDenni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s