Tahun Baru 2021, Hadapi VUCA dengan VUCA

Tanpa terasa saat ini kita sudah berada di awal tahun 2021. Banyak kejadian dan berbagai hal terjadi selama tahun 2020. Boleh dibilang hanya 60 hari kita semua menikmati kehidupan secara normal di tahun 2020, setelah itu kita “dipaksa” untuk hidup dengan kebiasaan baru atau istilah kerennya new normal. Berbagai hal berubah dengan sangat cepat, semua perencanaan yang telah dibikin harus segera di revisi dan disesuaikan dengan kondisi yang terjadi.

Selama masa pandemi banyak hal yang dapat berubah dengan tanpa diduga. Perubahan kebijakan pemerintah, serta jumlah kasus yang yang bisa naik secara drastis dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Situasi seperti ini biasanya digambarkan dengan akronim VUCA yang telah digunakan sejak tahun 1978. Akronim ini disingkat dari empat kata dalam bahasa inggris yaitu: Volatility yang artinya perubahan yang tidak menentu, Uncertainty yang artinya ketidakpastian, Complexity yang berarti rumit, dan Ambiguity yang artinya ambigu.

Dengan kata lain fenomena Covid-19, pandemic ini mampu mengakselerasi proses perubahan dalam segenap dimensi kehidupan manusia. Jadi kalau di tahun 2019 kemarin kita masih berbicara tentang masa depan yang akan semakin digitalisasi, orang akan bekerja secara fleksibel, banyak orang yang akan bekerja dari rumah, apartemen dll.

Ternyata Covid-19 melakukan akselerasi terhadap proses tersebut. Kita semua dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru, bekerja dari rumah, belajar dari rumah tanpa harus datang ke sekolah atau kampus. Hal ini tentu saja tren global yang tidak bisa kita bending tetapi kita perlu antisipasi dan kita persiapkan agar kita tidak terlindas oleh perubahan-perubahan itu.

Dalam buku yang berjudul, Leaders Make the Future: Ten New Leadership Skills for Uncertain World, penulis Robert Johansen mengusulkan bahwa dalam situasi seperti ini, kita bisa menangkal VUCA dengan VUCA. Namun VUCA yang kedua ini berasal dari Vision, Understanding, Clarity, Agility.

Apa saja VUCA tersebut, yuk kenali karakteristik-karakteristik seperti di bawah ini:

Vision

Untuk menghadapi situasi yang tidak menentu, kita perlu memiliki vision atau visi. Dengan memiliki visi, kita akan memproyeksikan diri ke masa depan sehingga tidak terperangkap dalam kekhawatiran saat ini.

Understanding

Understanding atau pengertian dapat mengatasi sebuah ketidakpastian. Kita perlu mengerti masalah yang dihadapi untuk mencari solusi terhadap masalah tersebut. Selain itu, kita juga perlu mengerti kemampuan diri untuk mengetahui cara yang sesuai dengan diri kita dalam menyelesaikan masalah.

Clarity

Dalam menghadapi kerumitan, kita perlu memiliki clarity atau kejelasan. Dalam hal ini, kita perlu mencari langkah yang jelas untuk mencapai visi yang telah dimiliki sehingga tidak kewalahan saat mulai berjalan.

Agility

Ketika terjadi sebuah keraguan, kita perlu memiliki agility atau ketangkasan. Banyak hal yang berjalan tidak sesuai dengan rencana. Namun jika kita tangkas dan mampu membangkitkan semangat, kita akan tetap tetap membuat kemajuan saat mencapai tujuan.

Semoga hal yang telah disampaikan di atas bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjadi modal bagi kita semua untuk menatap tahun 2021 dengan penuh optimis.

Mau komunikasi lebih lanjut ? Follow saya di instagram @dennicandra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s