Review Buku UNBOSS Karya Lars Kolind & Jacob Botter

Apakah kalian lagi mencari buku referensi tentang bagaimana mengelola perusahaan, organisasi, tim atau komunitas yang sebagian besar anggotanya adalah generasi digital atau milenial? Atau ada yang mungkin merasakan bahwa pengelolaan manajemen yang ada saat ini terasa sudah mulai ketinggalan zaman atau tidak cocok lagi dengan kondisi saat ini?

Kalau kalian sedang mencari jawaban tentang berbagai pertanyaan seperti yang saya sampaikan di atas, maka kalian sudah berada di tempat yang tepat. Karena saya akan review sebuah buku yang menawarkan terobosan dan jawaban untuk hal-hal yang menjadi keresahan teman-teman tersebut.

Oke, sebelum masuk ke review tentang buku tersebut, mari kita lihat sekilas synopsis/blurb yang ada di cover belakang buku ini.

UNBOSS: Bagaimana Seharusnya Kita Memimpin di Era Digital

Apakah gaya kepemimpinan lama masih tepat digunakan di zaman digital ini? Buku Unboss menjawabnya dengan amat tegas: Tidak! Generasi sekarang, entah disebut generasi digital atau milenial, membutuhkan jenis kepemimpinan baru yang sesuai dengan mereka dan dunianya.

Unboss adalah jawaban bagi generasi digital ini.

Sebuah perusahaan tak lagi bisa dijalankan dalam hierarki yang kaku. Mindset bos-karyawan diganti menjadi relasi setara. Lokasi kerja tak lagi terpatok oleh kungkungan geografis. Tujuan perusahaan pun tak semata-mata mencapai laba sebesar-besarnya, tapi mewujudkan visi sosial yang manfaatnya luas bagi publik. Rantai birokrasi dan manajemen organisasi yang berbelit dipupus demi efektivitas kerja.

Unboss adalah konsep kepemimpinan baru dalam cara bekerja dan berorganisasi kita, agar relevan dengan kebutuhan zaman. Di mana pun dan kapan pun Anda memulai, buku ini adalah pintu masuk yang pas untuk mendapatkan ide-ide inovatif yang mengejutkan, radikal sekaligus bisa mengadaptasikan organisasi atau perusahaan Anda dalam perspektif generasi milenial.

Buku ini ditulis oleh Lars Kolind dan Jacob Botter. Lars Kolind adalah seorang pensiunan dari Group Chairman di Grundfos, sebuah perusahaan dengan pendapatan 3 miliar Euro, dan pabrikan pompa air terbesar di dunia. Ia juga seorang mantan ketua World Scout Foundation dan anggota World Committee. 

Rekan penulisnya, Jacob Btter merupakan salah satu mitra pendiri Wemind A/S, sebuah think tank dan perusahaan konsultan Denmark. Dia termasuk blogger pertama di Denmark. Sebelum menginjak usia 18 tahun, dia sudah membangun sebuah studio desain maya, yang terdiri atas 250 desainter di 50 negara.

UNBOSS: Bagaimana Seharusnya Kita Memimpin di Era Digital
Penulis : Lars Kolind & Jacob Botter
Penerbit : Rene Book
ISBN : 978-602-1201-37-4
Cetakan : Pertama, Juni 2017
Ketebalan : 396 halaman
Ukuran : 15 X 23 cm
Sampul : Soft cover

Oke, sekarang gimana? Setelah membaca sinopsi/blurb buku UNBOSS ini apakah kalian tertarik untuk membeli dan membaca buku ini? Kalau kalian masih penasaran, baik sekarang akan kita lanjutkan untuk review buku UNBOSS ini ya.

Dalam buku ini disebutkan bahw dunia ini telah berbeda dengan kondisi 20, 50 atau 100 tahun yang lalu, Ketika konsep-konsep manajemen yang ada saat ini digagas untuk pertama kalinya. Konsep itu bukan hanya sudah kadaluwarsa, namun semua konsep itu juga mengekang manusia, perusahaan, organisasi dan masyarakat.

Pada masa saat ini dan masa yang akan datang, Sebagian besar wilayah planet bumi ini akan terhubung oleh media sosial berbasis digital. Kita semua akan mampu mengatasi penghalang-penghalang yang sebelumnya tak tertembus, entah itu penghalang fungsional, pagar hierarkis, batasan perusahaan, demarkasi profesional, juga batas negara dan benua.

Kalangan muda yang memulai pekerjaan pertama mereka akan memiliki persepsi yang sama sekali berbeda tentang pekerjaan, jabatan dan system hierarki bila dibandingkan dengan senior-senior mereka Ketika pertama kali menjejaki karier. Anda tidak akan bisa menyuruh mereka mengerjakan hal-hal yang tidak mereka pahami atau tidak mereka anggap bermakna.

Sehingga saat ini sudah saatnya para pimpinan dan para pengambil kebijakan serta kita semua untuk memikirkan Kembali cara kita bekerja saat ini. UNBOSS mempertanyakan cara kita mempersatukan orang, berkomunkasi satu sama lain, memasarkan, mengelola, merekrut, memotivasi, memberikan imbalan, mengembangkan serta cara kita berorganisasi. UNBOSS mempertanyakan segala hal yang sekarang ini dianggap benar begitu saja oleh perusahaan, organisasi dan badan-badan sector public maupun pemerintahan.

Menurut konsep UNBOSS, komunikasi yang dibangun bukan berpola atasan dan bawahan, tapi mitra dan kekeluargaan. Kepemimpinan dalam perusahaan sudah tidak dapat dilakukan dengan cara kovensional. Relasi bos-karyawan sudah tidak dapat bersifat selayaknya budak dan majikan, tetapi setara, sebagai mitra. Begitu juga dengan tata kelola perusahaan yang berdasarkan hierarki sudah tidak relevan, sistem tersebut membatasi ruang gerak, inovasi dan efektivitas dalam bekerja. Hubungan dengan konsumen pun mengalami pergeseran, saat ini hubungan yang dibangun bukan untuk memasarkan produk, tapi lebih kepada menawarkan pelayanan.

Masih banyak poin mengenai gerakan ini yang sangat konstruktif untuk mengubah citra dan dinamika perusahaan menjadi lebih konstruktif dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Pembuatan buku Unboss merupakan proyek yang memakan waktu bertahun-tahun. Buku yang diawali oleh dua orang penulis ini, pada akhirnya merupakan karya kolaboratif dari ratusan orang yang turut serta memberi umpan balik dan masukan sampai terciptanya buku Unboss. Hak cipta dari setiap penjualan, buku ini justru mereka buat untuk kemaslahatan banyak orang. keuntungannya didonasikan untuk gerakan pramuka yang mereka nilai sebagai wadah regenerasi kepemimpinan.

Desain buku ini juga tidak monoton, dilengkapi dengan peta buku, dan kutipan-kutipan menarik di akhir setiap bab, sehingga tidak membuat mata cepat lelah membaca.

Buku setebal 396 halaman ini layak dibaca siapapun para visioner, pemimpin dan calon pemimpin, para penggerak perubahan, para direktur, dan manajer perusahaan yang menginginkan perubahan dan kemajuan. Selamat meng-UNBOSS!

Jadi, saya sudahi dulu review buku UNBOSS: Bagaimana Seharusnya Kita Memimpin di Era Digital. Dan kalau kalian ingin menonton video review buku ini bisa langsung klik disini ya.

Kesimpulannya? Saya suka dan kalian harus punya juga buku ini … 🙂

Mau komunikasi lebih lanjut ? Follow saya di instagram @dennicandra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s