Masih Untung …!!!

“Untung cuma duit sama hp aja yang hilang” ungkap salah seorang teman ketika rumahnya kemasukan maling beberapa minggu yang lalu. Berhubung anaknya yang kecil menangis dan terbangun tengah malam itu, maka malingnya langsung kabur takut ketahuan.

Tapi saya gak habis pikir habis kemalingan kok teman saya masih bisa bilang “untung” padahal jelas-jelas dia mengalami kerugian dengan hilangnya duit sama telpon seluler. Namun begitulah kebiasaan kita yang walaupun mengalami kerugian tetapi kita katakan masih untung, kalau di Bangka ini orang bilang “dasar melayu gak mau rugi tetap aja bilang untung”

Mungkin ini adalah sebagai sikap positif masyarakat kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari, di mana setiap kejadian mereka mengambil dari sisi positifnya. Sehingga seberapapun beratnya musibah dan cobaan yang menimpa kita masih menganggapnya sebagai suatu keuntungan. Atau bisa jadi ini sebagai bentuk sikap apatis masyarakat kita karena silih bergantinya bencana yang menimpa negeri ini sehingga membuat mereka kebal dengan berbagai macam penderitaan yang mendera.

Kalau ini terjadi pada masyarakat banyak dalam menghadapi berbagai persoalan hidup kita mungkin bisa memaklumi tetapi yang kita takutkan kalau sikap positif memandang permasalahan ini juga menular pada para aparat dan pemimpin dinegeri ini tetapi mereka menempatkannya pada tempat yang tidak semestinya. Dan gejala itu sudah mulai tampak sekarang ini seperti lambatnya penanganan kasus Anggodo dan Bank Century. Mungkin para aparat berpikiran “masih untung Anggodo hanya menyuap para anggota polisi dan kejaksanaan gak sampai ke menteri dan presiden” atau “masih untung hanya satu Bank Century yang dikucurkan duit 6.7 T gak sampai dua atau tiga bank”.

Mudah-mudahan saja itu hanya pikiran iseng saya yang lagi “hang” gak tau mau nulis apa tapi jari ini dah gatal mau mencet keyboard.

One thought on “Masih Untung …!!!

  1. Mas Candra saya barusan juga habis kemalingan. Boleh tahu sikap yang harus saya lakukan. Sama seperti teman anda, saya kemalingan uang dan Hp. Stepanus Jogja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s