Tentang Nama

 

Artikel (2)

dennicandra.com, Ketika mengambil rapor di sekolah Quinsha (10 th), saya sengaja mengalah dan membiarkan orangtua lainnya untuk maju terlebih dahulu. Bukan tanpa alasan, tapi karena saya iseng mengamati dan memperhatikan nama-nama anak yang menjadi teman sekelas anak saya di sekolah tersebut … hehehe 🙂

Dari pengamatan saya (#kayak intelijen aja), nama anak-anak yang ada sekarang  ini umumnya terdiri dari minimal 3 suku kata dan semuanya merujuk dan mengikuti tren nama dari luar negeri. Ada yang berasal dari bahasa Arab, Inggris, Spanyol, Yunani dan banyak lagi yang lain. Sudah jarang terdengar nama anak sekarang yang menggunakan nama asli Indonesia. Entah kemana hilang dan lenyapnya nama-nama seperti Budi, Wati dan Iwan … 🙂

Lenyap tanpa bekas.

Coba saja Anda lihat dan baca nama-nama berikut ini : Sebastian Xavier Kurniawan, Franchella Ayzel Dafiansyah, Clarissa Azzahra Anindya Mirza, Renata Aulia Annajmaa Putrawan, Catharina Serafine Asha Maheswari dan masih banyak lagi nama-nama lainnya. Nama-nama yang luar biasa menurut saya, dan pasti orangtuanya memiliki alasan serta arti tersendiri dari nama-nama anaknya tersebut.

Semua nama yang saya sebutkan di atas umunya panjang-panjang dan memiliki rima layaknya sebuah pantun. Dan semua itu akan terasa lebih aneh dan kacau jika ditambah dengan family name, yang berasal dari nama bapaknya yang sama sekali berbeda 180 derajat dengan nama anaknya.

Clarissa Azzahra Anindya Paijo. Gubraakkk !!!

Betul, nama adalah manifestasi serta ungkapan doa dari orangtua untuk anaknya. Sebagai orangtua kita pasti menginginkan sesuatu yang terbaik buat anak, salah satunya caranya dengan memilihkan nama terbaik buat mereka. Dan sebagai salah satu referensi dalam memilihkan nama atau untuk pengasuhan terbaik, blog https://id.theasianparent.com/ bisa menjadi salah satu alternatif pilihan.

Seperti saya dan istri yang memberi anak pertama kami dengan nama  QUINSHA AURELIA RABBANI, yang berarti putri cantik titipan Illahi. Begitu juga dengan adiknya QALESYA ALMEERA RABBANI, yang berarti putri dengan rupa yang sempurna sebagai anugerah Illahi.

Namun terkadang saya juga suka senyum sendiri kalau membayangkan nama-nama anak saat ini yang lumayan panjang dan ditambah lagi sebagian ada ejaan yang ribet dengan huruf dobel. gak kebayang aja kalau suatu saat nanti mereka mengikuti UN atau  seleksi mahasiswa baru.

Pasti akan kerepotan menghitamkan banyaknya bulatan dengan pensil, itu baru untuk urusan nama belum lagi ditambah dengan kerumitan soal yang akan mereka jawab. Kemungkinan besar mereka akan kehabisan waktu dan gagal dalam mengikuti ujian akan semakin besar (ini baru asumsi asal dari pikiran saya sendiri, jadi jangan dijadikan patokan).

Mudah-mudahan saja seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan zaman, bakal ada cara terbaru dalam menuliskan nama sehingga tidak harus dengan cara menghitamkan bulatan seperti saat ini … hehehe

Tapi memang harus diakui bahwa nama Indonesia itu kurang keren. Nama dengan tren luar negeri kayaknya leih menjual, apalagi untuk keperluan bisnis.

Coba saja lihat betapa kerennya nama Lehman Brothers? Kalau dijadikan nama Indonesia Lehman Bersaudara, terdengar seperti nama toko kain di Tanah Abang. Atau kantor auditor Ernst & Young? Bandingkan dengan nama Andi & Laksmi, kayak judul sinetron di salah satu tv swasta.

Pernah dengan brand Charles and Keith? Apa anda akan tetap tertarik untuk membeli jika ada sepatu dengan merk Ujang & Paijo?

Jadi serba salah kan?

Memang  kewajiban kita sebagai orangtua untuk menyiapkan dan memberikan nama terbaik buat anak, tetapi harus juga diingat agar tidak memberikan nama yang terlalu ribet dan menyulitkan anak nantinya.

Bagaimana dengan Anda, sudahkan menyiapkan dan memberikan nama terbaik buat buah hati? Kalau belum mungkin tools generator nama bayi yang ada di aplikasi https://id.theasianparent.com/cari-nama-bayi ini bisa digunakan untuk menambah inspirasi Anda guna mencari nama yang cocok untuk si buah hati.

Mau komunikasi lebih lanjut ? Follow saya di instagram @dennicandra

2 thoughts on “Tentang Nama

  1. Ngakak bacanya… 🤣🤣🤣 Kalo bagi orang bule, kalo dengar brand nama bule kek gitu, mereka berasa aneh gak sih, seperti kalo qt pake brand dengan nama khas Indonesia??? 😁

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s